Ditulis pada tanggal 21 Mei 2019, oleh admin, pada kategori Berita

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelutan Universitas Brawijaya, Bapak Andi Kurniawan S.Pi, M.Eng, D.Sc menjadi juara 1 Dosen Berprestasi Universitas Brawijaya Tahun 2019. Beliau yang juga merupakan Ketua Pusat Studi Pesisir dan Kelautan (PSPK) Universitas Brawijaya ini mendedikasikan ilmunya dan mengetuai Tim Pengembangan Kemitraan Masyarakat (PKM) dan melakukan kerja sama dengan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Tuban untuk mengembangkan teknologi Recirculation Aquaculture System (RAS) dengan kolam bundar pada budidaya ikan lele.

Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang didukung oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tujuan penerapan teknologi RAS ini adalah untuk membantu Pokdakan Parikesit untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam budidaya ikan lele seperti pemantauan dan pengelolaan kualitas air, keterbatasan lahan, dan air untuk proses budidaya serta pengolahan limbah dari proses budidaya. Teknologi ini diproyeksikan untuk bisa mengembangkan budidaya ikan lele di Kabupaten Tuban dan daerah lain, sehingga bisa menjadi mata pencaharian tambahan ataupun alternative demi perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui usaha produktif di bidang Perikanan.

Print Friendly, PDF & Email