Berawal dari terbentuknya Lembaga Kedaulatan Mahasiswa yang dideklarasikan atas nama Mahasiswa Universitas Brawijaya pada tanggal 27 September 1998 dengan ketetapan rapat kelembagaan Mahasiswa Universitas Brawijaya No. 01/TAP/Rekel/MHS.UB/1988 maka terbentuk pula Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Brawijaya (DPM UB) dan terpilih juga melalui kongres Mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut ditetapkan dan disahkan AD/ART dan GBHK oleh Badan Pekerja Kelembagaan Rapat Kelembagaan Mahasiswa Universitas Brawijaya.
Selanjutnya ditingkatan Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya melalui Musyawarah Umum Mahasiswa Fakultas menghasilkan ketetapan musyawarah umum mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya No. 10/TAP/MHS Fpi UB/1998 tentang AD/ART lembaga kedaulatan mahasiswa Fakultas Perikanan Universitras Brawijaya. Dalam proses selanjutnya AD/ART tersebut sebagai dasar terbentuknya Eksekutif Mahasiswa Fakultas Perikanan termasuk HUMANERA yaitu Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan.
Humanera sendiri pada akhirnya terbentuk oleh keinginan mahasiswa MSP yang pada waktu itu sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan memperdalam kajian keilmuan tentang MSP bagi mahasiswa secara professional. Pada tanggal 27 Mei 1999 lahirlah HUMANERA melalui Musyawarah Istimewa Prodi MSP dengan SK No.01/Muis-MSP/V/1999 tentang AD/ART HUMANERA.
Humanera saat ini mencoba untuk memberikan wacana dan pengertian kepada Mahasiswa Brawijaya Umumnya dan Khalayak Umum tentang pentingya menjaga kelestarian lingkungan serta perairan sehingga dapat meminimalisir global warming. Sehingga ruang gerak Humanera berkembang lebih luas tidak hanya pada keilmuan tapi juga Pelayanan, Bakti Lingkungan, dan Sumbang bakti pada Masyarakat. HUMANERA: dilinkkan ke http://humanera.fpik.ub.ac.id/

Print Friendly