Ditulis pada tanggal 9 February 2019, oleh admin, pada kategori Berita, Kemahasiswaan

Bimo Aji Nugroho, Mahasiswa Prodi MSP FPIK UB, terpilih dalam jajaran peserta terbaik nasional kompetisi Indonesia NEXT setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang melibatkan lebih dari 17.000 peserta dari seluruh Indonesia. Para pemenang tersebut berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan profesional ternama di Tokyo, Jepang.

Perjuangan keras Bimo diawali dengan mengembangkan ide tentang aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pendakian gunung dengan pamanfaatan jaringan kuat telkomsel. Berdasarkan market research yang sudah dilakukan, didapatkan bahwa pendaki gunung membutuhkan 4 kebutuhan utama yaitu tracking lokasi, info cuaca, komunikasi (chatting), dan info medis. Lalu, pendaki gunung rata-rata merupakan mahasiswa yang dikategorikan millennial yang otomatis sangat erat kaitannya dengan teknologi. Berangkat dari sini, Bimo mencoba membuat UI/UX aplikasi, prototyping dengan aplikasi prott, membuat vouchernya hingga handbook aplikasi, dan aplikasi ini diberi nama T-GIS (Telkomsel GIS).

Dengan adanya T-GIS, diharapkan semua kebutuhan pendaki dapat terpenuhi tanpa adanya alat tambahan atau sudah ringkas terkemas dalam 1 genggaman. Terkait dengan keunggulannya yang pasti terkemas dalam satu aplikasi dimana terdapat fitur utama chatting antar pengguna dan emergency call untuk Tim SAR. Jaringan yang tambatkan bersifat high priority terhadap pendaki dan based on coordinate. Bimo menawarkan 3 pilihan implementasi kepada telkomsel sebagai investor berdasarkan budget investasi yang diinginkan, yaitu low, medium dan high budget yang mana nanti akan diperhitungankan lebih lanjut Return on Investmentnya (ROI).

Ketekunannya dalam mengembangkan produk berbuah manis. Mahasiswa peraih beasiswa bidik misi FPIK ini meraih prestasi tertinggi pada National Qualification Panel kompetisi yang cukup ketat, meliputi berbagai aspek, yaitu kreativitas ide, communication skill, presentation skill termasuk attitude (sikap) dan lain-lain. Untuk penentuan pemenang, penilaian juga diberikan berdasarkan tugas setiap finalis yaitu dengan mengupload 3 feed foto kegiatan per hari dan melakukan instastory minimal 3 story selama kegiatan per hari, lalu dikemas se-kreatif mungkin. Selain itu, terdapat penilaian terhadap like support di IG Indonesia NEXT. Untuk selanjutnya, Bimo akan melakukan short course di Perguruan Tinggi dan Perusahaan ternama yang ada di Tokyo, Jepang. Selain itu, akan ada pertemuan kembali seluruh finalis Indonesia Next 2018 untuk membahas kegiatan di Indonesia Next 2019. Prestasi ini diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya menyongsong era revolusi industri ke-4.