Ditulis pada tanggal 9 March 2021, oleh admin, pada kategori Akademik, Berita, Kegiatan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan telah terakreditasi A secara nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak beberapa tahun lalu. Karena itu maka kini Prodi MSP akan mengajukan akreditasi internasional melalui lembaga akreditasi Agency for Quality Assurance through the Accreditation of Study Programmes (AQAS) yang berkedudukan di Jerman.

Untuk mempersiapkan akreditasi itu maka diperlukan perbaikan administrasi. Maka digelar Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Fortofolio dan Assesment Tool OBE. Semua workshop tersebut digelar secara online atau luring.

Workshop Penyusunan RPS dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2021. Workshop tersebut disampaikan oleh Dr. Ir. Wisnumurti, MT dan dimoderatori oleh Ir. Aida Sartimbul, P.hD. Pada workshop ini disampaikan format dan strategi pembuatan RPS yang sesuai dengan aturan UB dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. RPS yang disusun dengan baik akan memberikan panduan komprehensif terhadap penyelenggaraan pendidikan.

Pada hari berikutnya, 4 Februari 2021 digelar Wokshop Penyusunan Fortofolio. Pada workshop kedua tersebut juga dipandu oleh narasumber yang sama dan dimoderatori oleh Dr. Eng. Akhmad Adi Sulianto, STP, MT,M.Eng. Fortofolio yang disusun menjadi dokumen bukti penyelenggaraan proses pendidikan.

Workshop Assessment Tool dan Outcome Based Education (OBE) yang disampaikan oleh Raden Arief Setyawan, ST., MT. dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2021. Worskhop tersebut dimoderatori juga oleh Dr. Eng. Akhmad Adi Sulianto, STP, MT,M.Eng. Assesment Tool berfungsi untuk memudahkan dalam pengelolaan nilai dan mengukur ketercapaian OBE. Assesment Tool ini menjamin kualitas penilaian dan alat ukurnya sehingga memberikan standar yang sama. Pada hari berikutnya dilakukan pendampingan pembuatan Assesment Tool.

Workshop-workshop yang digelar tersebut diharapkan akan mampu memberikan ketertiban administrasi pembelajaran serta memberikan perbaikan standar dan sistem penilaian hasil pembelajaran. Setelah pelaksanaan workshop-workshop ini maka diharapkan akan meningkatkan kesiapan Prodi MSP dalam proses pengajuan akreditasi internasional.