Ditulis pada tanggal 1 August 2020, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Sejak akhir tahun 2019 dunia dilanda Pandemi Covid-19. Virus SARCOV 2019 tersebut menjadi wabah di Indonesia pada Maret 2020. Sejak saat itu segala aktivitas menjadi terbatas; kegiatan ekonomi terhenti, kegiatan pembelajaran dan kegiatan lain dilaksanakan secara online.
Sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi pandemi, diseminasi hasil riset dan upaya branding Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan dilaksanakan secara online. Webinar tersebut yang mengambil tema besar Manajemen Sumber Daya Perairan Terintegrasi dilaksanakan dalam rentang waktu Juni hingga Juli 2020.

Webinar pertama diselenggarakan dengan tema khusus Perspektif Pengelolaan Ekosistem dan Sumber Daya Hayati Perairan Darat dan Pesisir. Pada Webinar pertama yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2020 ini disampaikan berbagai informasi oleh beberapa dosen, yaitu Prof. Dr. Ir. Diana Arfiati, MS, Prof. Dr. Ir. Endang Yuli Herawati, MS, Dr. Ir. Muhammad Musa, MS, dan Dr. Uun Yanuhar, S.Pi, M.Si. Narasumber tersebut menyampaikan berbagai informasi mengenai penggunaan parameter biotik dan abiotik untuk mengetahui kualitas perairan serta upaya untuk menanggulanginya.

Webinar kedua yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2020 menghadirkan Prof. Ir. Yenny Risjani, DEA, Ph.D, Dr. Ir. Umi Zakiyah, M.Si, Dr. Asus Maizar Suryanto H., S.Pi, MP, dan Andi Kurniawan, S.Pi, M.Eng., D.Sc. Webinar ini menyajikan tema khusus Biomonitoring Akuatik dalam Pengelolaan Lingkungan Perairan. Para Narasumber menyampaikan perspektif Biomonitoring menggunakan algae, mikroba, ikan dalam perspektif fisiologi dan morfologi. Sebagai bentuk biomonitoring juga disampaikan pemanfaatan penginderaan jauh.

Webinar ketiga yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 mengangkat tema khusus Upaya Pemeliharaan dan Pemanfaatan Konservasi Sumber Daya Perairan. Webinar tersebut menghadirkan empat narasumber, yaitu Dr. Ir. Supriatna, M.Si, Dr. Yuni Kilawati ,S.Pi, M.Si, Pratama Diffi Samuel, S.Pi, M.Ling dan Septi Anitasari, S.Pi, MP. Teknologi informasi dan pelibatan masyarakat digunakan untuk melakukan upaya konservasi lingkungan. Pada Webinar kali ini juga disajikan sumber daya hayati lokal yang harus mendapatkan perhatian untuk upaya konservasi.

Webinar terakhir menghadirkan Ir. Sri Sudaryanti, MS, Ir. Mulyanto, M.Si, Arief Darmawn,S.Si, M.Sc dan Alfi Nur Rusydi, S.Si, M.Sc yang menyampaikan tema khusus Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Perairan terpadu dan Pemberdayaan Masyarakat. Webinar seri keempat yang digelar pada tanggal 27 Juli 2020 ini menyampaikan tentang manajemen plan dalam pengelolaan lingkungan perairan menggunakan pendekatan Sistem Informasi Geografis dan pelibatan masyarakat.

Selain menghadirkan pada dosen sebagai narasumber, seluruh rangkaian webinar juga menghadirkan para moderator yang merupakan dosen muda Prodi MSP, yaitu Sulastri Arsad, S.Pi, M.Si, Evellin Dewi Lusiana, S.Si, M.Si dan Ekwan Nofa Wiratno, S.Si., M.Si.

Keempat Webinar tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran tentang riset-riset yang telah dan sedang dilaksanakan oleh sivitas akademika Prodi MSP sehingga dapat memberikan gambaran tentang Sumber Daya Manusia dan keahliannya. Webinar ini juga diharapkan akan meningkatkan kerjasama baik dalam bidang riset maupun pengabdian kepada masyarakat.